DANAU

Danau adalah suatu wilayah yang tergenang sejumlah massa air dalam waktu yang relatif lama dan dikelilingi oleh daratan. Danau dapat berupa suatu badan air yang terbentuk secara alami dan dapat juga berupa buatan yang dibuat oleh manusia. Keadaan perairan danau relatif diam, dimana kecepatan arusnya sangat lambat dibandingkan dengan sungai, sehingga danau disebut sebagai perairan lentik, yang berarti tergenang, sedangkan badan air yang mengalir seperti sungai disebut perairan lotik.
Ciri danau sebagai perairan yang dalam dengan tepi yang curam dan biasanya memiliki air yang jernih dengan tumbuhan air yang hanya berada di daerah pinggir. Arus pada danau sangat lambat berkisar antara 0,001 – 0,01 m/detik, atau bahkan tidak ada arus sama sekali. Danau memiliki air tenang, bergerak dengan kecepatan atau gerakan yang sangat lambat. Hal tersebut mengakibatkan residence time (waktu tinggal) air bisa berlangsung lebih lama, sehingga kondisi ini sangat mempengaruhi makhluk hidup yang terdapat didalamnya.
Danau dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan proses terjadinya, yaitu danau tektonik yang terjadi akibat gempa bumi dan danau vulkanik yang terjadi akibat aktivitas gunung berapi. Umumnya danau tektonik sangat dalam, sedangkan danau vulkanik memiliki sumber air atau gas panas. Pengelompokkan berdasarkan proses terbentuknya, terdiri dari dua yaitu danau alami dan danau buatan. 
Sebagai suatu ekosistem, di danau terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di lingkungan danau. Keberadaan sejumlah komponen biotik yang hidup di dalam danau sangat dipengaruhi oleh sejumlah nutrient sebagai sumber makanannya. Berdasarkan kekayaan unsur hara (nutrien), maka danau diklasifikasikan Oligotrofik, Mesotrofik, dan Eutrofik.